follow me @wirhii

Jumat, 02 Februari 2018

Alasan Kamu Harus Ambil Jurusan Farmasi #Part 1

Assalamualaikum wr. wb
Hampir genap 4 tahun sudah perjalanan saya di Fakultas Farmasi. Masih sangat teringat jelas Fakultas Farmasi bukanlah sesuatu yang sangat saya inginkan bahkan tidak pernah terpikirkan sama sekali untuk memilih jurusan ini. Alasan pertama, karena saya benar - benar tidak paham dengan apa itu farmasi. alasan kedua, karena saya pernah dengar dari salah satu tentor les kalo anak farmasi itu tidak punya waktu kosong buat nyante - nyante. Well, saya sendiri itu anak yang susah mengatur waktu because i am not typical of best time manager. Tapi setelah masuk Fakultas Farmasi, saya baru paham ada beberapa alasan kuat yang memantapkan saya harus stay di fakultas ini sampai sarjana. Sebelumnya kalian harus mengenal dulu Farmasi itu apa sih? sudah banyak yang tahu kalo mendengar kata farmasi itu berarti ada hubungannya dengan obat - obatan, bahkan banyak yang bilang anak Farmasi itu ujung - ujungnya bakalan jadi penjual obat. Betulkah itu? kalo penasaran lanjutkan bacanya yak.
Buat kalian adik - adik yang masih galau mau masuk jurusan apa pas kuliah nanti, atau memang mau masuk farmasi tapi masih ragu sapa tau aja hati kalian tergerak menjadi Pharmacy student setelah membaca postingan saya ini, so bacanya dilanjutkan yah :)

Apa itu Farmasi ?
Nah ternyata Farmasi itu berasal dari bahasa Yunani Pharmacon yang artinya adalah obat. Sebenarnya ada sejarah unik di balik kata pharmacon ini, sejarahnya akan saya posting di postingan berikutnya kali yah. Lanjut.... Pengertian panjang dari Farmasi adalah suatu profesi yang merupakan kombinasi dari berbagai bidang ilmu yang utamanya adalah ilmu kesehatan dan ilmu kimia dan bertanggung jawab dalam efektifitas dan keamanan dalam penggunaan sediaan farmasi. Itu sih defenisi Farmasi versi ku yah, terus di sini saya bakalan lebih memperluas lagi pemikiran kalian bahwasanya sediaan farmasi yang merupakan tanggungjawab dari profesi Farmasi ini bukan sekedar obat - obat kimia yang paling terkenal di apotek seperti Paracetamol, Amox, dll, tapi menurut UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan Peraturan pemerintah No. 27 Tahun 1998 Sediaan Farmasi terdiri dari obat, bahan obat, obat tradisional dan kosmetik. 

Obat
Obat yang dimaksud adalah sediaan farmasi yang kalian kenal itu, setiap demam minum paracetamol, pusing dikit minum bodrex, sakit gigi minum asam mefenamat atau ponstan, tapi sakit hati bingung mau minum obat apa? lah kok curhat sayanya. Tenang aja ada obat sakit hati kok contohnya coklat, coba deh kalian ingat setelah makan coklat hati kalian jadi happy. kok bisa? cuma anak farmasi yang tahu jawabannya. Pernah dengar gak kalo "obat adalah racun" pernyataan itu bukan hoax yah tapi benar adanya, obat adalah racun yang apabila dosisnya tidak sesuai. Nah peran farmasis yang utama ini lah menentukan obat sesuai indikasi dan dosisnya, tidak hanya itu farmasis juga diharuskan memberi konseling seputar penggunaan obat dan efektifitasnya kepada pasien, untuk itu di dunia farmasi kalian juga akan mengetahui mekanisme obat di dalam tubuh mulai dari diminum sampai masuk ke dalam tubuh dan memberikan efek. Jadi kalo kalian merasa suka dengan hal - hal seperti konseling, berkomunikasi dengan masyarakat maka kalian harus masuk Fakultas farmasi. Tapi kalo kalian belum mampu, gak usah khawatir seiring berjalannya waktu kalian belajar di Farmasi inshaAllah kalian akan paham dengan ilmu konseling tersebut walaupun gak gampang sih hehe kan semuanya butuh proses, makanya selain pintar obat jadi anak farmasi kalian diajarkan untuk tekun dan bersabar. Atau kalo kalian penasaran obat sakit kepala diminum larinya ke perut tapi bisa nyembuhin sakit kepala itu gimana ceritanya? penasarankan? hanya di farmasi kalian bisa mempelajari ilmu tersebut. Cielah 

Bahan Obat
Adapun bahan obat yang dimaksud adalah bahan - bahan baku dari obat tersebut, misalkan gini tablet paracetamol itu bisa jadi  tablet yang kokoh gak mudah rapuh tapi bisa hancur di dalam cairan tubuh, ukurannya pas untuk ditelan, warnanya putih bersih, teksturnya halus, itu semua karena ada bahan - bahan tambahan lain yang mendukung si paracetamol untuk nyaman dikonsumsi. Bahan - bahan tambahan  tersebut termasuk bahan obat contohnya bahan pengikat, pelicin, pembasah, dan masih banyak lagi. Anak farmasi harus jeli dalam memilih formula bahan - bahan dengan meninjau segi fisika dan kimia biar pasien nyaman dalam menggunakan obat dan obatnya bisa tahan lama (stabil), penasarankan gimana serunya anak farmasi bikin tablet dengan mencampuran banyak bahan? Tunggu apa lagi kamu harus jadi bagian Pharmacy student. Oh iya satu lagi, banyak banget tuh quotes - quotes yang pernah saya baca katanya minyak sama air gak bisa bersatu, wah salah tuh pernyataannya. Bisa kok minyak sama air bersatu dan yang bisa menyatukannya adalah anak farmasi men.. pameerrr lagiii haha. Iya ini serius, kalo kalian pernah minum scotts emulsion.. itu tuh obat yang katanya beneran bisa bikin anak - anak jadi pintar dan tumbuh tinggi (btw ini bukan iklan yak). Obat itu adalah minyak ikan dan air yang disatukan maka jadilah obat. Penasarankan gimana serunya anak farmasi menyatukan air dan minyak? makanya jadilah bagian Pharmacy student. Minyak dan air saja bisa disatukan apalagi hati kamu dan dia (Lot of Laugh) hahaha


Obat Tradisional
Wah obat ini yang orang Indonesia sangat gemari dan kita kenal dengan Jamu karena bahan utamanya dari alam semua. Jamu adalah salah satu dari 3 jenis obat tradisional yang ada di Indonesia dan paling sering dikonsumsi masyarakat. Jenis yang lain ada obat herbal tradisional (OHT) dan Fitofarmaka,  kalo dibahas satu - satu panjang dah penjelasannya hehe. Intinya Farmasis bertanggung jawab terhadap obat tradisional (jamu) mulai dari benarkah tanaman tersebut efektif jadi obat? contoh  : kulit manggis jadi obat diabetes. Apa sih kandugan kimianya sampai bisa jadi obat diabetes? aman gak sih bahannya? terbukti gak sih efeknya? adaefek sampingnya gak sih? kok bisa kulit buah tiba - tiba ada di dalam kapsul? kita nih anak farmasi yang bakalan pelajari semua semua tentang obat tradisional mulai dari masih ditanam sampai bisa jadi jamu. Kalo kalian tertarik sama tanaman herbal atau kalian tertarik dengan jamu maka kalian wajib mengambil jurusan farmasi. Dijamin seru habiis deh pokoknya.

Kosmetik. 
Siapa yang gak kenal sama sabun mandi, odol, shampoo, bedak, lipstick, maskara, pensil alis dan kosmetik lainnya? semua orang kenal kan yah dan semua butuh sabun sahmpoo dan odol kan yah. Kalian tahu gak kalo Farmasis lah yang paling bertanggungjawab dalam pembuatan semua semua itu? mulai dari sabun kok bisa berbusa, bisa wangi, bisa soft di badan. Lipstick kok bisa cantik warnanya, creamy pas dipake, matte di bibir, tahan lama. Formulanya itu anak farmasi yang tentukan. Membuat formulasi kosmetik itu sama sulitnya dengan formulasi obat sintetik loh, kalian harus menentukan bahan - bahan apa saja yang bisa mendukung keamanan dan kenyamanan serta efek baik saat menggunakan kosmetik ini, harus tahu batas kandunngan bakteri yang boleh ada di kosmetik ini (just info buat yang suka mikrobiologi)  So tunggu apa lagi? kalo kalian suka banget sama kosmetik dan penasaran pengen bikin sendiri kalian harus jadi anak farmasi. Saya saja nih yah Alhamdulillah sudah pernah bikin lulur dari kopi dan pernah bikin BB cream. Wow kan? hehe itulah hebatnya anak farmasi. Kosemtik itu jadi bagian favoriteku selama jadi anak farmasi, soalnya dengan bekal ilmu ini saya jadi bisa menentukan pemilihan skin care yang baik buat kulit bukan hanya sekedar melihat satu bahan yang ada di dalam produk tapi dengan melihat semua bahan yang ada di dalam produk itu sehingga bisa memilah yang baik dan yang salah, terutama bahan yang haram dan yang halal.

Kali ini, itu dulu kali yah. Masih banyak lagi yang pengen ku cerita tapi di konten Alasan Kamu Harus Ambil Jurusan Farmasi #Part 2 jadi jangan bosan baca postingan saya. Niatku ini cuma sharing saja kok, siapa tau bermanfaat.

info tambahan lagi, ilmu yang kuat di farmasi itu adalah Fisika, Kimia, Biologi (Mikrobiologi, Botani), dan ilmu - ilmu kesehatan seperti Farmakologi, Anatomi dan Fisiologi, ilmu khusus farmasi seperti Teknologi Sediaan Farmasi, Fitokimia dan buanyaaak lagi. Selain itu kita juga belajar tentang statistika farmasi (matematika), Perundang - undangan Farmasi (iya sedikit mempelajari hukum nih guys dan di Fakultas ku langsung diajar sama orang - orang hebat Balai BPOM Makassar) wah pamer hehe. Kalian jangan merasa takut yah karena pelajarannya ke arah sains banget, sains ku sendiri lemah pas sekolah tapi karena ada kemauan untuk belajar alhamdulillah di Famasi semuanya berjalan lancar. So get ready for your self to be a pharmacy student.

Jika kalian merasa konten ini bermanfaat tolong komentar minimal beri jempol dah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar